Dinas Pendidikan Mamuju Tengah Gelar Konfrensi Pers Untuk Klarifikasi Isu Pemotongan Tunjangan Sertifikasi Guru

INDONESIASATU.CO.ID:

MAMUJU TENGAH -Isu terkait pemotongan dana tunjangan sertifikasi guru sebesar 1 juta rupiah yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Mamuju Tengah dibantah Sekertaris Dinas Pendidikan Mamuju tengah, Hj. Nirwana Sari Aras. Melalui konfrensi pers yang digelar disalah satu Warkop di Topoyo.

Hj. Nirwana Sari Aras menyampaikan bahwa beberapa hari yang lalu ada oknum yang mengatasnamakan dirinya dari media dan LSM datang ke Kantor, bahwa Dinas Pendidikan Mamuju tengah melakukan pemotongan dana tunjangan sertifikasi guru, dan menurut oknum yang mengatasnamakan dirinya dari media tersebut, bahwa itu pengakuan salah seorang guru.

Lanjut, Hj. Nirwana menjelaskan bahwa pada tanggal 18 Oktober 2018 ada surat dari Kemendikbud prihal permohonan pemberhentian transfer Tunjangan Profesi Guru (TPG), Tunjangan Khusus Guru (TKG), dan dana Tambahan Penghasilan (Tamsil). Jadi tidak ada transfer dana dari pusat ke Daerah.

Sebelum meminta dana dari Keuangan untuk ditransfer ke Dinas Pendidikan Kata Hj. Nirwana, pihaknya adakan rapat dengan semua guru yang menerima sertifikasi tepatnya tanggal 17 Desember 2018 di SMPN 6 Topoyo untuk menyampaikan bahwa ada kekurangan pembayaran dana tunjangan sertifikasi.

“Jadi hari ini kami klarifikasi dan kami perjelas bahwa tidak ada pemotongan dana sertifikasi guru. Karena sebelum pencairan dana tersebut, kami sudah sampaikan kepada guru penerima tunjangan sertifikasi bahwa ada kekurangan dana. Sehingga kami kasi dua opsi. Kami bayarkan 2 bulan atau kami bayarkan 3 bulan dengan catatan ada kekurangan. Dan suara terbanyak dibayarkan 3 bulan, tidak apa kurang sedikit daripada dibayarkan 2 bulan,” ujar Hj. Nirwana.

“Kami bayarkan dana tunjangan sertifikasi tanggal 21 Desember 2018 melalui transfer ke rekening masing-masing guru dengan kekurangan 1 Juta rupiah per orang, dan kekuranganya itu akan dibayarkan bulan ini.

Jadi tidak ada pemotongan dana sertifikasi. Jangankan dipotong sampai jutaan, kelebihan transfer10 rupiah saja kami diperiksa selama 3 hari sampai ditemukan kemana kelebihan transfer itu,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Kasi Ketenagaan Dinas pendidikan Mamuju tengah, Mahayuddin bahwa menyikapi surat dari Kemendikbud tertanggal 18 Oktober 2018 prihal permohonan pemutihan transfer dana TPG, TKG dan dana Tamsil tahun 2018, pihaknya sudah melakukan langkah-langkah antisipasi, karena pihaknya sudah menprediksi akan ada reaksi dari guru-guru ketika menerima pembayaran tidak sesuai dengan harapan dari teman-teman guru.

“Olehnya itu, kami mengundang Kepala Sekolah mulai dari TK, SD dan SMP mrmyampaikan kepada Kepsek untuk diteruskan kepada guru-guru yang menerima sertifikasi, bahwa ditriwulan ke 4 akan ada kemungkinan tidak sepenuhnya terbayarkan, karena menyesuaikan anggaran yang kita terima,” terangnya.

Dijelaskanya juga, setelah dihitung-hitung, teman-trman guru harus menerima kekurangannya sebesar 1 juta rupiah, tetapi itu bukan dipotong, nanti bisa dibayarkan setelah Rekon dipusat untuk meminta kembali kekurangan itu.

"Jadi bukan pemotongan, tapi penundaan karena ditriwulan ke 4 dana yang masuk tidak sesuai dengan yang dibutuhkan di dinas pendidikan Mamuju tengah,” pungkasnya.

Sementara Sekertaris Badan Keuangan Mamuju tengah, Rukman Amir menjelaskan, kekurangan dana tunjangan sertifikasi guru itu disebabkan ada ketidak sinkronan data antara Kemendikbud dengan Kemenkeu.

Karena pada saat Rekon terakhir, bahwa Kemendikbud memprediksi bahwa dana ini akan cukup. Tetapi di Kemenkeu, dana itu hanya Rp 2 M lebih sementara dari Kemendikbud Rp 3 M. Jadi selisihnya sekitar Rp 2 M yang tertunda akibat ada ketidak sinkronan data antara Kemendikbud dengan Kemenkeu.

"Jadi tidak ada pemotongan, hanya penundaan pembayaran. Dan insya Allah bulan ini kekurangan dana itu akan turun dan kekurangan pembayaran tunjangan sertifikasi akan terealisasi pada bulan ini juga,” bebernya. (*sirajuddin)

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

* Belum ada berita terpopuler.

Index Berita