Kadis ESDM : Galian C Harus Berizin

INDONESIASATU.CO.ID:

 Mamuju – Hingga saat ini persoalan izin pertambangan galian C di Sulawesi Barat masih menjadi masalah serius.

Berbagai pihak terus berupaya melakukan koordinasi bersama Pemerintah Provinsi, supaya aktivitas penambangan galian C bisa dilakukan, dan pelaksanaan proyek infrastruktur tak terhambat.

Untuk mengurai masalah tersebut,Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)Sulawesi Barat  Amri Eka Sakti,ST mengatakan,"terkait izin usaha pertambangan galian C, pemerintah tidak pernah bermaksud menghalangi warga dalam melakukan usaha apapun di wilayah NKRI, (07/01/2019) di ruang kerjanya.

Namun, sambung dia, di dalam melakukan usaha, harus terpenuhi semua unsur perizinan sesuai bidang usahanya. “Pemerintah tidak melarang, tetapi setiap usaha harus mengantongin ijin sebagaimana peraturan yang ada,” terang dia.

Seperti usaha pertambangan galian C, menurut dia, harus didasari peraturan perundang–undangan yang berlaku.       Yakni, disebutkan dia, sesuai Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara (Minerba).

Kemudian, dia menambahkan, juga terdapat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batu Bara, beserta Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak dan Retribusi.

“Silakan pelaku usaha, apabila melakukan kegiatan pertambangan agar Surat Izin Pertambangan Daerah ( SIPD) diurus IUP, administrasi, teknis, dan kajian analisis dampak lingkungan serta finansial dan sebagainya,” papar Amri Eka Sakti.

Jika perusahaan yang akan melakulan kegiatan tersebut sudah memiliki IUP ekplorasi dan IUP operasional dan Amdal, maka dia memastikan bisa melakukan kegiatan pertambangan. Apabila persyaratan tersebut belum terpenuhi, terang Amri lagi, maka kegiatan yang dilakukan tersebut merupakan kegiatan ilegal.

Editor : Gidion

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

* Belum ada berita terpopuler.

Index Berita